RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPKPS)
JURUSAN AKUNTANSI SEMESTER I
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2010/2011
1. Dosen : Zaim Mukaffi, SE., M.Si
2. Mata Kuliah : Ekonomi Mikro
3. Kode/SKS : 952206 / 2 SKS
4. Prasayarat :
Tidak ada, mengingat mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa tingkat awal
5. Status Mata Kuliah : wajib
6. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar ilmu ekonomi ditinjau dari aspek mikro. Pembahasan meliputi pengertian dasar ilmu ekonomi, penentuan harga pasar, bentuk-bentuk pasar, serta pasar faktor produksi.
7. Tujuan
Supaya mahasiswa mendapatkan dasar Mikro Ekonomi. Aplikasi diberikan dengan maksud agar mahasiswa memperoleh gambaran riil dari teori-teori yang diperolehnya dan dapat dilaksanakan.
8. Materi Pembahasan
Materi ekonomi mikro terdiri dari beberapa pokok bahasan sebagai berikut:
a. Pendahuluan/pengantar
b. Penawaran dan Permintaan I : Bagaimana pasar bekerja
c. Penawaran dan Permintaan II : Pasar dan kesejahteraan
d. Ilmu Ekonomi Sektor Publik
e. Perilaku perusahaan dan organisasi industri
f. Ilmu ekonomi tentang pasar tenaga kerja
g. Topic Advance
9. Kompetensi
Minggu 1
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dasar-dasar ilmu ekonomi
• Memahami cara manusia dalam mengambil keputusan
• Menggunakan dan menerapkan dasar-dasar ilmu ekonomi
Minggu 2
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Mengetahui dan mamahami teori kebutuhan dalam ekonomi
• Memahami konsep saling ketergantungan dalam perekonomian
• Memahami konsep ketergantungan antar manusia
Minggu 3
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep permintaan
• Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
• Mengetahui bagaimana suatu pasar bekerja
Minggu 4
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dan mengerti arti elastisitas
• Menggunakan dan menerapkan elastisitas dalam perekonomian
• Menerapkan permintaan dengan analisis kebijakan pemerintah
Minggu 5
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep penawaran
• Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
• Mengetahui bagaimana suatu pasar bekerja
Minggu 6
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dan mengerti arti elastisitas
• Menggunakan dan menerapkan elastisitas dalam perekonomian
• Menerapkan penawaran bersama-sama dengan analisis kebijakan pemerintah
Minggu 7
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami surplus konsumen
• Memahami surplus produsen
• Memahami efisiensi pasar
• Menggunakan perhitungan surplus produsen dan konsumen untuk analisis pasar dan kesejahteraan
Minggu 8
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep ilmu ekonomi publik
• Memahami konsep eksternalitas
• Memahami konsep barang publik dan sumberdaya umum
• Menggunakan dan menerapkan konsep eksternalitas dalam analisis ekonomi
Minggu 9
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep perilaku perusahaan dan organisasi industri
• Memahami konsep biaya produksi
• Menggunakan konsep biaya produksi dalam analisis Ekonomi
Minggu 11
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar persaingan sempurna
• Mengetahui karakteristik pasar persaingan sempurna
• Menggunakan analisis pasar persaingan sempurna dalam analisis ekonomi
Minggu12
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar monopoli
• Mengetahui karakteristik pasar monopoli
• Menggunakan analisis pasar monopoli dalam analisis Ekonomi
Minggu 13
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar oligopoli
• Mengetahui karakteristik pasar oligopoli
• Menggunakan analisis pasar oligopoli dalam analisis ekonomi
Minggu 14
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik
• Mengetahui karakteristik pasar persaingan monopolistic
• Menggunakan analisis pasar persaingan monopolistik dalam analisis ekonomi
Minggu 15
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami pasar faktor-faktor produksi
• Memahami ilmu ekonomi tentang pasar tenaga kerja
• Memahami analisis konsep pasar tenaga kerja dalam perekonomian
Minggu 16
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep Earning and discrimination
• Memahami konsep distribusi pendapatan
Minggu 17
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep teori pilihan konsumen
• Memahami konsep perilaku konsumen
• Menggunakan analisis teori konsumen dalam perekonomian
Minggu 18
10. RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Minggu Ke Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Metode Pembelajaran
1 Pendahuluan Dasar-dasar Ekonomi Mikro • Kuliah / ceramah
2 • Cara berfikir seperti seorang ekonom
• Saling ketergantungan dan keuntungan dari perdagangan • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
3 Permintaan dan Penawaran I : Bagaimana pasar bekerja Permintaan pasar • kuliah/diskusiMedia LCD
4 • Elastisitas dan aplikasinya
• Permintaan dan kebijakan pemerintah • kuliahDiskusi/tugasMedia LCD
5 • Penawaran Pasar • kuliah/diskusi/Media LCD
6 • Elastisitas dan aplikasinya
• Penawaran dan kebijakan pemerintah • kuliah/Diskusi/tugasMedia LCD
7 Penawaran dan Permintaan II : Pasar dan kesejahteraan Surplus konsumen, surplus produsen dan efisiensi pasar • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
8 Ilmu Ekonomi Sektor Publik • eksternalitas
• Barang publik dan sumberdaya publik. kuliah /diskusi/Media LCD
9 MIDLE TEST
10 Perilaku perusahaan dan organisasi industri Biaya produksi: kuliah/Diskusi/tugas/Media LCD
11 Pasar Perusahaan pada Pasar persaingan sempurna • Kuliah
• Diskusi/tugas
• Media LCD
12 Monopoli • Kuliah
• Diskusi/kuis
• Media LCD
13 Oligopoli • kuliah / diskusi / Media LCD
14 Persaingan monopolistik • kuliah / Diskusi/tugas / Media LCD
15 Ilmu ekonomi:
pasar tenaga kerja Pasar faktor-faktor produksi • kuliah / Diskusi/tugas / Media LCD
16 Earning and discrimination • kuliah / diskusi / Media LCD
17 Topic advance Teori pilihan konsumen • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
18 FINAL TEST
11. METODE PEMBELAJARAN
Metode penyampaian:
Untuk membantu mahasiswa memahami materi mata kuliah ini digunakan berbagai metode atau alat pedagogis, yaitu:
• Kuliah (lecturing)
• Diskusi (discussion)
• Tugas (assignments)
• kuis
12. REFERENSI
Buku
1. Boediono, Seri Sinopsis Ekonomi Mikro, BPFE, Edisi 16, 1998
2. Jogiyanto H., (1999). Ekonomi Mikro Analisis Matematika. Yogyakarta: ANDI
3. Mankiw, Principles of Economics, 2nd edition, 2002
4. Maryatmo, (2000). Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: ANDI OFFSET
5. Masyhuri, (2007). Teori Ekonomi Mikro. Malang: UIN Press.
6. Masyhuri, (2008). Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Prestasi
7. Muhammad, (2003) Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE. Anggota IKAPI.
8. Nopirin, (2000). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE. Anggota IKAPI
9. Prathama R. dan Mandala M., (1999). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi
10. Samuelson, P. A. and Nordhaus, W.D., Economics, Mc. Hill, 17th Edition, 2002
11. Sudarsomo, (1984). Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: LP3S.
Bahan penunjang
1. Jurnal atau karya ilmiah ekonomi yang terkait dengan materi
(RPKPS)
JURUSAN AKUNTANSI SEMESTER I
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2010/2011
1. Dosen : Zaim Mukaffi, SE., M.Si
2. Mata Kuliah : Ekonomi Mikro
3. Kode/SKS : 952206 / 2 SKS
4. Prasayarat :
Tidak ada, mengingat mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa tingkat awal
5. Status Mata Kuliah : wajib
6. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar ilmu ekonomi ditinjau dari aspek mikro. Pembahasan meliputi pengertian dasar ilmu ekonomi, penentuan harga pasar, bentuk-bentuk pasar, serta pasar faktor produksi.
7. Tujuan
Supaya mahasiswa mendapatkan dasar Mikro Ekonomi. Aplikasi diberikan dengan maksud agar mahasiswa memperoleh gambaran riil dari teori-teori yang diperolehnya dan dapat dilaksanakan.
8. Materi Pembahasan
Materi ekonomi mikro terdiri dari beberapa pokok bahasan sebagai berikut:
a. Pendahuluan/pengantar
b. Penawaran dan Permintaan I : Bagaimana pasar bekerja
c. Penawaran dan Permintaan II : Pasar dan kesejahteraan
d. Ilmu Ekonomi Sektor Publik
e. Perilaku perusahaan dan organisasi industri
f. Ilmu ekonomi tentang pasar tenaga kerja
g. Topic Advance
9. Kompetensi
Minggu 1
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dasar-dasar ilmu ekonomi
• Memahami cara manusia dalam mengambil keputusan
• Menggunakan dan menerapkan dasar-dasar ilmu ekonomi
Minggu 2
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Mengetahui dan mamahami teori kebutuhan dalam ekonomi
• Memahami konsep saling ketergantungan dalam perekonomian
• Memahami konsep ketergantungan antar manusia
Minggu 3
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep permintaan
• Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
• Mengetahui bagaimana suatu pasar bekerja
Minggu 4
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dan mengerti arti elastisitas
• Menggunakan dan menerapkan elastisitas dalam perekonomian
• Menerapkan permintaan dengan analisis kebijakan pemerintah
Minggu 5
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep penawaran
• Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
• Mengetahui bagaimana suatu pasar bekerja
Minggu 6
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami dan mengerti arti elastisitas
• Menggunakan dan menerapkan elastisitas dalam perekonomian
• Menerapkan penawaran bersama-sama dengan analisis kebijakan pemerintah
Minggu 7
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami surplus konsumen
• Memahami surplus produsen
• Memahami efisiensi pasar
• Menggunakan perhitungan surplus produsen dan konsumen untuk analisis pasar dan kesejahteraan
Minggu 8
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep ilmu ekonomi publik
• Memahami konsep eksternalitas
• Memahami konsep barang publik dan sumberdaya umum
• Menggunakan dan menerapkan konsep eksternalitas dalam analisis ekonomi
Minggu 9
MIDLE TEST
Minggu 10Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep perilaku perusahaan dan organisasi industri
• Memahami konsep biaya produksi
• Menggunakan konsep biaya produksi dalam analisis Ekonomi
Minggu 11
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar persaingan sempurna
• Mengetahui karakteristik pasar persaingan sempurna
• Menggunakan analisis pasar persaingan sempurna dalam analisis ekonomi
Minggu12
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar monopoli
• Mengetahui karakteristik pasar monopoli
• Menggunakan analisis pasar monopoli dalam analisis Ekonomi
Minggu 13
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar oligopoli
• Mengetahui karakteristik pasar oligopoli
• Menggunakan analisis pasar oligopoli dalam analisis ekonomi
Minggu 14
• Memahami bentuk dan sifat perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik
• Mengetahui karakteristik pasar persaingan monopolistic
• Menggunakan analisis pasar persaingan monopolistik dalam analisis ekonomi
Minggu 15
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami pasar faktor-faktor produksi
• Memahami ilmu ekonomi tentang pasar tenaga kerja
• Memahami analisis konsep pasar tenaga kerja dalam perekonomian
Minggu 16
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep Earning and discrimination
• Memahami konsep distribusi pendapatan
Minggu 17
Pada akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan:
• Memahami konsep teori pilihan konsumen
• Memahami konsep perilaku konsumen
• Menggunakan analisis teori konsumen dalam perekonomian
Minggu 18
FINAL TEST
10. RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Minggu Ke Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Metode Pembelajaran
1 Pendahuluan Dasar-dasar Ekonomi Mikro • Kuliah / ceramah
2 • Cara berfikir seperti seorang ekonom
• Saling ketergantungan dan keuntungan dari perdagangan • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
3 Permintaan dan Penawaran I : Bagaimana pasar bekerja Permintaan pasar • kuliah/diskusiMedia LCD
4 • Elastisitas dan aplikasinya
• Permintaan dan kebijakan pemerintah • kuliahDiskusi/tugasMedia LCD
5 • Penawaran Pasar • kuliah/diskusi/Media LCD
6 • Elastisitas dan aplikasinya
• Penawaran dan kebijakan pemerintah • kuliah/Diskusi/tugasMedia LCD
7 Penawaran dan Permintaan II : Pasar dan kesejahteraan Surplus konsumen, surplus produsen dan efisiensi pasar • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
8 Ilmu Ekonomi Sektor Publik • eksternalitas
• Barang publik dan sumberdaya publik. kuliah /diskusi/Media LCD
9 MIDLE TEST
10 Perilaku perusahaan dan organisasi industri Biaya produksi: kuliah/Diskusi/tugas/Media LCD
11 Pasar Perusahaan pada Pasar persaingan sempurna • Kuliah
• Diskusi/tugas
• Media LCD
12 Monopoli • Kuliah
• Diskusi/kuis
• Media LCD
13 Oligopoli • kuliah / diskusi / Media LCD
14 Persaingan monopolistik • kuliah / Diskusi/tugas / Media LCD
15 Ilmu ekonomi:
pasar tenaga kerja Pasar faktor-faktor produksi • kuliah / Diskusi/tugas / Media LCD
16 Earning and discrimination • kuliah / diskusi / Media LCD
17 Topic advance Teori pilihan konsumen • kuliah/Diskusi/kuis/Media LCD
18 FINAL TEST
11. METODE PEMBELAJARAN
Metode penyampaian:
Untuk membantu mahasiswa memahami materi mata kuliah ini digunakan berbagai metode atau alat pedagogis, yaitu:
• Kuliah (lecturing)
• Diskusi (discussion)
• Tugas (assignments)
• kuis
12. REFERENSI
Buku
1. Boediono, Seri Sinopsis Ekonomi Mikro, BPFE, Edisi 16, 1998
2. Jogiyanto H., (1999). Ekonomi Mikro Analisis Matematika. Yogyakarta: ANDI
3. Mankiw, Principles of Economics, 2nd edition, 2002
4. Maryatmo, (2000). Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: ANDI OFFSET
5. Masyhuri, (2007). Teori Ekonomi Mikro. Malang: UIN Press.
6. Masyhuri, (2008). Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Prestasi
7. Muhammad, (2003) Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: BPFE. Anggota IKAPI.
8. Nopirin, (2000). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Edisi Pertama. Yogyakarta:BPFE. Anggota IKAPI
9. Prathama R. dan Mandala M., (1999). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi
10. Samuelson, P. A. and Nordhaus, W.D., Economics, Mc. Hill, 17th Edition, 2002
11. Sudarsomo, (1984). Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: LP3S.
Bahan penunjang
1. Jurnal atau karya ilmiah ekonomi yang terkait dengan materi
0 komentar:
Post a Comment